“ Yang Mudah , Yang Gampang Di Lupakan ”

KARYA DEDE RIYANTO KELAS XII RPL,JUARA HARAPAN 3 ,LOMBA MENGARANG CERPEN TINGKAT SLTA,KOTA MADYA TEGAL BULAN SEPTEMBER 2014

Sejak kita lahir , kita sudah diajarkan oleh orang tua bagaimana cara bersikap sopan dan santun , oleh sebab itulah kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya bangga memiliki budaya yang tidak dimiliki oleh bangsa asing , yaitu budaya kesopanan dan keramahan .
Orang Indonesia sudah terbiasa dengan budaya kesopanannya bahkan budaya ini sudah menjadi aplikasi di setiap insan bangsa indonesia , faktanya setiap bertemu dengan sesama ataupun saudaranya pasti mereka mengucapkan salam , dan sapa , bahkan kepada orang yang tidak kenalpun , kita tetap menyapa . (Kita harus bangga itu)
Namun roda berputar , zaman kini sudah era modern , bangsa Indonesia pun sudah jarang lagi yang mengaplikasikan kebudayaan kesopanan dan keramahan .
Sejak masuknya budaya asing ke Indonesia , masyarakat khususnya di kalangan remaja kini sudah melupakan kebudayaannya sendiri , mereka malah memilih budaya asing untuk ditiru dan diaplikasikan di dalam kehidupannya sehari-hari
Kebanyakan orang indonesia lebih memilih budaya asing untuk ditiru karena budaya asing itu sendiri keren , gaul , dan tidak ketinggalan zaman , tidak seperti Indonesia yang masih kuno dan kata orang Kota , Ndesoni kalo remaja sekarang masih mengaplikasikan budaya Indonesia . (Keren tapi Miris -_-‘)
(skip)
Suatu ketika di Sekolah Menengah Kejuruan
Waktu itu disekolahku ada acara pengajian di hari ahad/minggu , sebelumnya pada hari saptu semua siswa telah diumumkan bahwa hari esok tepatnya hari ahad/minggu di sekolah akan diadakan pengajian , dan semua siswa-siswi diwajibkan berangkat memakai pakaian muslim dan tidak diperkenankan memakai pakaian bebas dan berjelana jeans .
Dan keesokan harinya , aku sudah ada janji dengan teman-teman untuk berangkat bareng ke sekolah , kita ketemuan kumpul di gang sempit arah jalan yang mau kesekolah .
“Hai , De , ayo berangkat !!” (ucap Hanif bersama 3 teman-teman yang serentak berjalan menghampiriku)
“Tunggu , tunggu … kok kalian pake pakaian bebas sih ? kan kita di suruh kepala sekolah memakai pakaian muslim dan celana kalian juga jeans semua , Kenapa ??”
“Hello Dede !! hari gini masih jaman yeh pake pakean kaya kamu !! udah baju ngada gambarnya cuman putih polos , udah kayak ustad aja kamu , ini lagi celana , gede banget kayak celananya Rhoma Irama tahu !!” Hahaha 😀
“I iya tapi kan ini sesuai kan yang seperti apa kata ibu kepala sekolah mau , lagian ini kan acara pengajian bukan konser  !!” (Gagap dan malu diketawain temen-temen)
“Hahaha 😀 ndeso banget kamu De .. De .. mau acara pengajian kek , acara konser kek yang penting gini Man !! (3 jari yang artinya Keren) sekarang kan jamannya udah keren nih , gaul , makanya kayak kita dong , pake baju yang ada gambar monsternya kan keren , apalagi celananya pake jeans jadi gaul Man !! iye nggak temen-temen !!”
“ Hahaha 😀 Iyap bener banget tuuh kata Hanif” (ucap serentak temen-temen)
Hanya bisa garuk kepala -_-‘ Keren tapi Ababil !!
Sesampainya disekolah , aku bersama teman-teman langsung berjalan kekelas , tapi ada yang beda , waktu aku dan teman-teman berjalan semua temen-temen yang sudah duduk di teras sekolah mereka pada ngeliatin entah kenapa , tapi aku PD saja tetap berjalan dan menyapa teman-teman ,
“Hai .. ”
“Selamat pagi ..”
Kurang lebih seperti itu aku menyapa teman-teman , tapi semua temen-temen malah menertawakan aku , aku fikir ada yang beda dari diri aku mungkin penampilan atau memang wajah aku yang keliatan culun pas menyapa , tapi ternyata iu semua salah .
Teman-teman tertawa bukan karena sapaan aku melainkan mereka menertawakan temen-temen yang berada di belakang aku alyas grup ababil yang memakai pakaian gaul , -_-
Pantes saja mereka pada tertawa , toh penampilan temen-temen aku yang kurang sesuai , juga gaya mereka yang frix jadi di ketawain deh .  jadi ngerasa malu sendiri pas jalan bareng sama temen-temen . (geleng kepala)
(Skip)
Sesampainya di kelas , enggak lama kemudian bel masuk pun berbunyi , semua siswa kumpul di masjid untuk memulai acara pengajian . Setelah semuanya kumpul , Ibu kepala sekolah memberi sambutan terlebih dahulu ,
Dan tanpa sengaja sewaktu Ibu ssekolah memberi sambuatan , Ibu kepala sekolah melihat segerombolan anak yang tidak tertib memakai seragam yang sudah di tentukan , iyah .. mereka adalah teman-temanku , mereka jugu yang tadi pagi berangkat sekolah bareng denganku .
Tanpa intruksi lama , segerombolan anak yang tidak tertib pun dibawa langsung ke ruang BK (bimbingan konseling) mereka langsung di introgasi oleh Ibu kepala sekolah dan guru BK ,
“Kalian semua tahu tidak , kenapa kalian Ibu bawa ke BK ??”
“Tidak tahu Bu…” dengan perasaan yang gelisah dan gudup mereka menjawab
“Tidak tahu !! jelas-jelas kalian sudah melanggar tata tertib yang sudah Ibu tentukan , lihat apa yang kalian pakai ?”
“Baju bergambar monster Bu.. dan Celana jeans ketat ”
“Apa seperti itu Ibu suruh kalian memakai seragamnya ? , lihat teman-teman kalian, semuanya tertib terkecuali kalian, teman-teman kalian memakai pakaian baju muslim , bahkan ada yang memakai sarung , lalu kalian ? ”
“Kami mengikuti zaman Bu.. semua boy band dan artis di televise juga sering memakai pakaian seperti ini Bu, lagian juga keren Bu..”
“Astaghfirullah … keren dari mana ? harusnya kalian mikir dulu apa iyah layak memakai pakaian seperti itu dipakai saat acara pengajian disekolah , sangat tidak pantas kan ?
Sudah , Ibu nggak mau pusing mikirin kalian , pokoknya kalian dilarang mengikuti acara pengajian ini , dan kalian Ibu hokum berdiri di lapangan dan mendengarkan pengajian selama berlangsung !!!”
“Tapi Bu … ”
“Tidak ada tapi tapian , cepat kalian ke lapangan sekarang !!!”
(skip)
2 Jam sudah berlangsungnya acara pengajian dan tepat pukul 10 semua murid meninggalkan masjid , begitu juga dengan teman-temanku , mereka berakhir dari hukumannya yang membuat mereka menjadi seperti ikan yang selesai di keringkan . Keren tapi miris -_-‘
Seminggu kemudian setelah acara pengajian kemaren , disekolahku mengadakan acara lagi , kali ini acara HUT Sekolahku , acara HUT sekolahku dimeriahkan dengan jalan sehat bareng dan juga ada event musicnya ,
Acaranya seru banget , sampai semua masyarakat lingkungan sekolahpun ikut memeriahkannya , karena selain jalan sehat bareng ada door prize yang akan dibagikan ke semua peserta jalan sehat , semua siswa maupun masyarakat sekitar .
Kali ini saya dan teman-teman band mengisi di acara HUT sekolahku , yang kebetulan band aku sudah dikenal di kotaku . Band yang sudah aku jalani selama hampir 3thn ini , kini sudah membuahkan hasil yang luar biasa bagi kami , dengan adanya mini album dimana didalamnya semua lagu yang diciptakan hasil karya aku juga teman-teman band , kami sudah bisa tampil di acara on air maupun off air di kota maupun diluar kota .
Setelah sesi pembagian door prize dibagi , kini giliran aku dan teman-teman band ku beraksi ,
“Oke , sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih atas waktu yang sudah diberikan kepada kami , dan kami ingin mengucapkan Happy Birstday buat SMK AL-IRSYAD Kota Tegal semoga tambah maju dan tambah sukses selalu , amin …
Oke , sebelum kita ke lagu pertama , kami ingin menyapa penonton yang sudah hadir disini , kira-kira masih semangat tidak ???”
“Masih … masih … masih …”
(skip)
Dan semua siswa juga masyarakatpun terhibur oleh penampilan band aku (SWL Band) . setelah selesai mengisi acara , tiba-tiba segerombolan temen-temen aku yang waktu kemaren dihukum jadi ikan kering menghampiriku dan mengajak aku ngobrol
“Hay De … Aku baru tahu loh ternyata di balik keculunan seorang Dede Riyanto punya bakat yang luar biasa yah”
“Iyah tadi itu keren banget aksi kamu diatas panggung !!”
“Seru banget De.. nggak kalah hebatnya sama artis yang sering di televisi” (seru teman-teman segerombolan ikan kering)
“ kalian bisa aja , terima kasih atas pujiannya teman-teman”
“sama-sama De , oh yah De , aku mau Tanya nih , kenapa sih waktu diatas panggung kamu dan juga teman-teman band kamu tampil dengan PD lalu menyapa semua yang ada disini lagi , kan kalian keren nih juga udah dikenal koh masih sempet-sempetnya menyapa ? padahal setahu aku biasanya kan kalo udah jadi artis apalagi yang seperti di televise mereka tampil tapi acuh , kadang nggak menyapa penonton , iyah kan …”
“Sebenernya sama aja koh yang kalian lihat di layar televisi juga kadang menyapa penontonnya , jadi gini , kalian tahu nggak , menyapa , salam itu dulunya adalah budaya kita , asli budaya bangsa Indonesia, jadi dulu tuh bangsa Indonesia sangatlah ramah orang-orangnya , jadi tidak salah kalau masih ada orang yang kadang suka ramah terhadap sesama meskipun kita tidak mengenalinya , tetapi kita mau menyapanya , seharusnya kita , kalian semua harus bangga menjadi orang Indonesia yang mempunyai budaya asli yang tidak dimiliki budaya asing , maka sebagai orang Indonesia apalagi generasi bangsa kita wajib melestarikan budaya kita dan mengaplikasikan budaya kita sendiri , bukannya malah mengikuti budaya asing , sebenernya boleh mengikuti asal tidak meninggalkan budaya kita saja”
“Oh jadi gitu De , seharusnya kita bangga yah teman-teman menjadi orang Indonesia yang memiliki budaya asli Indonesia yaitu budaya keramahan dan kesopanan , ” (saut Hanif kepada teman-teman segerombolan ikan kering)
“Nah makanya teman-teman ayo kita lestarikan , kita aplikasikan budaya keramahan dan kesopanan sehingga kita dapat menjadi generasi muda yang ramah , sopan dan santun , jadi tidak menjadi generasi muda yang menjadi ikan kering teman-teman !!”
“Hahaha… bisa aja kamu De …” (ketawa, padahal malu)
(skip)
Keesokan harinya disekolah , pas jam istirahat biasanya aku luangkan waktu untuk membaca dan menimba ilmu diperpustakaan , tapi hari ini ada yang beda , yang biasanya perpustakaan sepi sekarang menjadi ramai setelah ada segerombolan anak ikan kering ,
“Hay … kalian disini juga ?”
“Yee ini kan perpustakaan , jadi bebas dong kita ada disini,” jawab Hanif
“Iyah aku heran aja, bisasanya juga kalian jam istirahat di kantin, ngodain ibu-ibu kantin terus suka ngerayu cewek-cewek yang beli jajan dikantin, kok tumben banget ada disini”
“Nah… sebenernya kita pengen berubah menjadi lebih baik lagi De, setelah kejadian kemaren yang kita kena hukuman yang akhirnya kita jadi ikan kering, itu membuat kita sadar De, ”
“Iyah De, kita keperpustakaan pengen cari tahu kira-kira kita bisa berbuat apa untuk sekolah kita, toh kita masih malu atas kejadian kamaren, jadi kami pengin memperbaiki kesalahan kami terutama kepada diri sendiri dan juga sekolah ini, kira-kira apa yah , kamu ada masukan nggak De, buat kita ?”
“Kami minta bantuan kamu De, kasih tahu caranya buat kita semua memperbaiki kesalahan kami kemaren !!!” (seru teman-teman semua)
“Gimana kalo setelah pulang sekolah kita kumpul diruang OSIS , nanti aku bantu mikir deh buat mbantu kalian, lagian juga ruang OSIS sepi, kita sebagai anggota OSIS malah jarang kumpul,”
“Oke deh De, pulang sekolah kita pasti tunggu kamu di ruang OSIS.”
Bel berbunyi, bertanda bahwa jam istirahat telah usai, dan aku segera masuk kekelas, setelah dikelas dan lumayan lama menunggu guru yang akan masuk untuk memulai pelajaran, ternyata ketua kelas ngumumin bahwa guru yang akan masuk kekelas tidak bisa mengajar dikelas ini, sontak semua teman-teman senang, pasalnya sebagian teman-teman dikelas tidak terlalu suka dengan guru yang akan mengajar sekarang.
Kebiasaan siswa sekarang, guru tidak masuk malah senang bukannya sedih sudah kehilangan jam pelajaran tapi malah ada yang tiduran, ngobrol, kekantin lagi, bahkan ada yang asyik bermain dikelas. (Hmmp…-_-‘ sangat-sangat ironis)
Iyah… karena ini jam kosong, semua teman dikelas juga pada asyik dengan apa yang mereka lakuin, aku sendiri ikut bergabung dengan teman-teman, pertama aku ikut kekantin, berhubung tadi pas jam istirahat belum jajan, jadi ini kesempatan bagus yang tidak boleh disia-siakan, setelah lumayan lama dikantin, aku ngerasa bosan, jadi aku putuskan buat balik kekelas,
Dan dikelas, aku ikut bergabung dengan teman-teman cewek yang asyik ngobrolin pasangannya, alyas pacar, dan berhubung aku nggak punya pacar, jadi aku pindah dan bergabung dengan teman-teman yang asyik main game tebak-tebakan, aku kira dengan aku bergabung dan ikut main game ini bakalan membuat aku ngrasa nyaman dan tidak bosan ternyata salah,
Ini lebih parah dari sebelumnya, masih mending tadi dikantin sama teman-teman yang kelaparan juga masih mending pula gabung dengan cewek-cewek yang lagi ngobrolin pacar, daripada harus kena dibedakin mukanya pake penghapus yang bekas buat ngehapus papan tulis pake spidol, muka aku jadi item gara-gara ikutan game kalah terus. -_-‘ (ngenes)
“Cukup mainnya !!! saya benci permainan ini, saya KELUAAAAAAARRRR!!!!!!!!”
Sontak semua teman dikelas menertawakan aku, bukan karena aku teriak-teriak tapi karena muka aku yang item dan keliatan lebih jelek dari pada penghapus aslinya. (Kaaambing!!!)-_-‘
Aku lari sekuat tenaga dan berhenti di Toilet, aku rendam muka aku dikolam yang berisikan air, dan aku basuh semua muka yang udah gelepotan mirip penghapus papan tulis ini, -_-
Setelah muka segar dan bersih, aku langsung kekelas lagi,
“Ciyeee… seger amet mukanya, masih mau ngabung nggak De, maen game lagi?” (seru Muby yang menjabat sebagai ketua kelas dikelas)
“Emmohh !!! aku nggak mau lagi ikutan, nanti yang ada malah muka aku jadi kayak tinta spidol kalo terus-terusan kalah, emmoh aku!!!”
“Haha… ya sudah”
Sebenernya agak ilfiel banget pas ngeliat muka Muby lagi ketawa, ketawanya itu yang nyebelin, udah mukanya berubah lagi pas ketawa, udah kayak orang China yang lagi make topeng barongshai, matanya merem tapi mulutnya yang kebuka lewar , kan ngeilfielin -_-
Dari tadi nyari kesibukan nggak ada yang cocok yang buat ngerasa nyaman, ngabung sana-sini semuanya ngebosenin, tapi ada satu yang belum aku ikut gabung, yaitu gabung dengan teman-teman yang hoby-nya tidur, jadi aku putuskan buat tidur di jam kosong. (tidak diperbolehkan untuk dicontoh tapi kalo kelepasan ngantuk, enggak papa :-D)
Krik krik… krik krik…
(skip)
Bel panjang berbunyi yang artinya bertanda waktunya semua jam pelajaran telah usai alyas pulaaaaaang !!!! biasanya setiap pulang sekolah aku selalu dianterin Om pake mobil, maksudnya bukan mobil Om aku, tapi mobil Om tukang angkutan umum, iyah aku selalu pulang naik angkutan umum .
Pas mau naik ke mobil Om, tiba-tiba Hp bergetar dan berbunyi sangat nyaring, dan aku membiarkannya, setelah masuk dan duduk didalam mobil Om, HP masih bergetar dan berbunyi nyaring, sontak semua penumpang didalam mobil Om melihat aku yang tak kunjung mengangkatnya,
Memang aku sengaja untuk tidak mengangkat telepon di HP aku, bukan bermaksud menyombongkan diri, tapi biar semua orang tahu bahwa aku punya Handphone juga.
Setelah lumayan lama HP berbunyi keras, akhirnya aku angkat telepon, ternyata dari Hanif,
“Halo De, kamu dimana?”
“Aku lagi dijalan mau pulang”
“Loh kok pulang sih, bukannya kamu mau temuin kita di ruang OSIS, ini teman-teman udah nunggu lama loh”
“Astaghfirullah hal’adzim !!!!”
Sontak semua penumpang didalam mobil kaget, dan Om sopirpun mendadak rem pegasnya
“Kenapa Ade…” , “Ada apa, ada apa ?” “Kenapa???”
(seru semua penumpang dan Om sopir)
“Engg nggak nggak papa kok Pak, Bu, enggak papa, aku kelepasan, Om berhenti Om, sampai sini aja, maaf Om nggak jadi naik, ada urusan yang harus diselesaikan, sekali lagi maaf Om !!!”
Turun dan langsung lari, buat balik kesekolah lagi
Huh hah huh hah huh hah … -_-’
Itu bukan suara aku lagi nari tarian dayak, bukan… itu suara nafas aku yang terengap-engap sampai di ruang OSIS,
“Maaf Nif, maaf teman-teman semua, aku lupa ada janji sama kalian, aku lupa, Maaf yah…”
“I iya, iya sudah De, enggak papa. a … bentar yah aku beliin minum dulu buat kamu, kasihan takut kamu kenapa-napa nanti aku lagi yang repot ngasih napas buatan segala buat kamu !”
“Sialan kamu Nif, iya sudah terima kasih…”
Hening
“Okey semua teman-teman, jadi apa yang sudah kalian rencanakan buat kedepannya untuk merubah diri kalian masing-masing”
“a… jadi gini De, kita sepakat untuk berubah bareng, tapi kita belum ad aide buat kedepan kita harus apah???”
“Tapi tadi katanya si Hanif punya ide, dan dia mau minta pendapat juga dari kamu” (seru Ahmad)
“Iya sudah kita tunggu Hanif balik aja, dia lagi beli minum buat kita”

Enggak lama kemudian…
“Loh kok pada diem semua?”
Tanya Hanif yang membawakan air minum dingin, dan langsung dibagikan ke teman-temannya juga ke aku.
“Oh iyah Nif, kata Ahmad kamu sudah ada ide buat kedepan nanti, kira-kira apa ide itu ?”
“Iyah, iyah De… jadi gini, aku keinget kata-kata kamu yang kita harus bangga menjadi orang Indonesia yang memiliki budaya asli Indonesia yaitu keramahan dan kesopanannnya, jadi aku rasa gimana kalau kita membuat semacam kegiatan disekolah ini, dengan bertemakan BUDAYAKAN KEBIASAAN 4S SENYUM SALAM SAPA dan SANTUN, yang artinya semua siswa disekolah kita bisa mengaplikasikan budaya kita sendiri, gimana ?”
“Wah ide yang sangat bagus itu,”
“Tapi gimana caranya yah, terus kegiatannya apa saja? Kamu ad aide nggak De,”
“A… gimana kalau kita isi kegiatannya dengan Music Live Acoustik, nah pasti rame nih dan seru, pasti semua siswa suka,”
“Bener banget tuh De, terus yang ngisi acara band kamu deh, kan band kamu udah cukup terkenal tuh…”
Seru Ahmad yang menyambutnya dengan senang,
“Hehe  terima kasih Mad, tapi menurut aku, jangan pake band aku, kan band aku kebanyakan personilnya bukan dari sekolah sini, sedangkan ini kan acara kita, mendingan kalian aja yang maen, kan pas tuh walopun Cuma berempat, Hanif megang gitar, Ahmad megang cajon, Aley nyanyi dan kamu Iman megang keyboard, kan bapak kamu jago tuh maen keyboardnya kamu pasti bisa dong, ”
Sempat hening sejenak, karena mereka masih bingung dan berunding untuk kegiatan ini,
“Oh iyah tambahan sedikit nih, kalau kalian mau aku bisa bikin artikel pendek tentang idenya Hanif tadi yang Budayakan 4S Senyum, Sapa, Salam, dan Santun, jadi nanti pas kalian maen Acoustikan, nanti aku bagi-bagiin lembaran yang berisi artikel Budayakan 4S, jadi kayak kita himbau semua siswa untuk mengapresiasikan dan mengaplikasikan budaya asli Indonesia,”
“Oke deh De, kita sepakat buat kita yang maen, walaupun kita takut, dan kita juga sepakat atas Ide yang kamu berikan,”
Jawab Hanif dengan suara tegas dan perasaan gembira
“Eiitz… tunggu dulu, ada Ongkosnya dong”
“Loh kok bayar? Kamu perhitungan sama kita, wah jangan gitu dong De, kita kan teman, masa sama teman sendiri pake bayar segala, lagian kita juga niatnya cumin pengen kamu mbantu kita cari …”
Belum selesai Hanif ngomong, langsung aku potong dengan suara ketawa
“Hahaha… tunggu dulu, jangan salah paham dulu, maksud aku ada ongkosnya itu, bukan buat bayar aku atas Ide yang aku berikan, BUKAN!!! Tapi ada ongkosnya itu buat nyetak artikel tentang Budayakan 4S itu, masa iyah mau aku tulis pake pena pulpen, bisa keriting tangan aku,”
“Oh… kirain apa, iya sudah nanti kita patungan yah !!!”
Jawab Aley dengan perasaan yang lega
(skip)
Keesokan harinya disekolah
Hari ini hari rabu, bertepatan dengan jadwal dimana seluruh anggota OSIS berkumpul, berhubung aku sebagai anggota OSIS, mungkin aku akan mengisi agenda kegiatan OSIS mingguan untuk minggu ini.
Kebetulan ketua OSISnya adalah teman satu kelas sendiri yaitu Muby orang yang sempat pernah aku ilfielin sebelumnya, dan tanpa fikir panjang, aku langsung ambil ahli posisi Muby yang seharusnya ketua berbicara kepada anggotanya, kini aku yang ambil ahli dan sebelumnya aku sudah ijin dulu ke Muby
“Okey perhatian semua untuk seluruh anggota OSIS, saya mewakili Muby berbicara didepan kalian meminta waktunya sebentar, hari ini rapat membahasan agenda OSIS mingguan, nah untuk agenda minngu ini, kita sudah dapat Ide untuk agenda kegiatan OSIS, dan Ide ini datangnya dari salah seorang teman kita yaitu Hanif dan 3 sahabatnya Aley, Ahmad dan Iman, mereka yang 2minggu lalu dihukum dilapangan pas acara pengajian disekolah karena tidak memakai seragam yang sesuai, kalian masih inget kan?
Nah agendanya seperti apa, akan saya bacakan,
Agenda kegiatan OSIS untuk minggu ini adalah, akan diselenggarakannya kegiatan bakti social dimana kita akan menghimbau mengajak seluruh siswa untuk Membudayakan 4S yaitu Senyum, Salam, Sapa dan Santun, kenapa harus membudayakan 4S ? karena bangsa Indonesia generasi muda sekarang sudah jarang lagi mengenal budaya kita sendiri budaya asli Indonesia yaitu budaya Keramahan dan Kesopanan, maka sebab itu, kita sebagai generasi muda harus membudayakan budaya kita sendiri agar, tidak hilang dan terlupakan oleh generasi mudanya,”
“Lalu kak Dede, kegiatannya ngapain ?”
Salah anggota OSIS bertanya dengan keraguan dan terlihat kebingungan
“Oh, jadi kita sebenernya enggak ngapa-ngapain kita hanya ikut membantu dan memeriahkan acara ini, toh acara ini yang punya Hanif dan teman-temannya, jadi menurut aku ini Ide yang bagus untuk dimasukan didalam agenda kegiatan mingguan OSIS, tapi sebelumnya aku mau tanya, pada setuju semua enggak nih?”

Hening
Suasana menjadi hening setelah aku bertanya, iyah mungkin masih belum paham, atau bisa juga ada yang masih bingung, enggak papa deh maklumin saja  cukup tersenyum saja
“Aku jelasin sekali lagi yah, acaranya nanti ada Live Music Acoustik yang akan dimainkan oleh Hanif dan kawan-kawannya, jadi nanti kita anggota OSIS, pas Hanif lagi maen, nanti kita bagiin semacam brosur yang sudah tersedia yang isinya tentang artikel pendek Membudayakan Budaya 4S untuk generasi muda anak bangsa,jadi kita anggota OSIS hanya membagikan brosur kepada seluruh siswa disekolah kita, juga kalau bisa guru-guru sekalian juga enggak papa”
Hening
“Jadi semuanya setuju?”
Dan akhirnya tercatat sudah di agenda kegiatan mingguan OSIS bahwa hari saptu mendatang akan diadakan kegiatan Bakti Sosial untuk Budayakan 4S yang nantinya ada Live Music Acoustiknya juga.
(skip)
Dan sampailah sudah hari yang dinanti-nanti, tepat pukul 09.00 seluruh siswa berkumpul di gedung aula untuk mengikuti kegiatan rutin Agenda kegiatan mingguan OSIS,
Sound System dan alat Music Acoustik sudah siap tersedia, dan anggota OSIS pun sudah bersiap untuk kegiatan bakti social ini,
Semua anggota OSIS telah menempatkan diri berdiri berada disamping tempat duduk siswa yang mengikuti kegiatan ini, dan Hanif dan kawan-kawannya pun memulai memainkan Music Acoustiknya,
Terlihat semua siswa mengikuti kegiatan ini dengan asyik, enjoy dan penuh suka ria. Disela Hanif selesai memainkan Music, Hanif dan kawan-kawan berpidato didepan seluruh siswa tentang Budayakan 4S, dan disamping itu juga aku dan seluru anggota OSIS membagikan brosus tentang bagaimana caranya membudayakan 4S ,
Berharap dalam hati kecilku berkata, semoga dengan adanya kegiatan ini generasi muda bangsa Indonesia akan lebih mengutamakan , mengapresiasikan dan mengaplikasikan budaya kita sendiri budaya yang asli dimiliki Indonesia, sehingga semua masyarakat khususnya siswa di sekolah aku, bisa mengenal budaya yang Hidup dan Berkembang di kalangan muda penerus generasi bangsa.

Penulis karya cipta
DEDE RIYANTO
Tegal, 04 July 2014

Iklan

Do’a Makan

Tag

,

Muhammad Abduh Aljihad
Makan adalah kegiatan rutin manusia sehari-hari, baik makan nasi beserta lauk-pauknya atau pun makan makanan ringan dan minum. Supaya makanan yang di makan bisa bermanfaat dan menjadi berkah maka kita harus memperhatikan adab-adab makan. Dalam hal ini agama kita ( Islam ) yang sempurna dan telah di ridhoi Allah SWT Mengatur seluruh kehidupan manusia termasuk tata cara makan.

Rekan-rekan … kedengarannya ini masalah sepele, tapi ini penting untuk disampaikan
Bahwa:
1. Makan harus dalam keadaan duduk
2. Menggunakan tangan kanan dan mengambil makanan yang dekat saja bila sedang makan bersama
3. Berdo’a sebelum dan sesudah makan

Insya Allah pada poin 1 dan 2 rata-rata kita telah melakukannya dengan baik, tetapi pada poin 3, yaitu berdo’a masih banyak yang belum sesuai dengan tuntunan agama kita yakni rata-rata mengucapkan: Bismillahirrohmanirrohim. Padahal yang disunnahkan adalah mengucap Bismillah saja, bukan Bismillahirrohmanirrohim.
Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW : “Apabila seseorang diantara kamu memakan makanan, hendaklah membaca Bismillah. Apabila lupa pada permulaannya hendaklah membaca bismillahi fi awwalihi wa akhiri (dengan menyebut nama Allah pada awalnya dan akhirnya).” (HR. Abu Dawud No.347 dan At-Tirmidzi No.288).

Islam adalah agama yang sempurna menurut surat Al-Maidah ayat 3, sehingga tidak perlu ditambah dan dikurangi atau membuat syariat baru.
Kalau melakukan suatu ibadah tidak sesuai dengan tuntunan syariat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW maka akan menjadi salah, bahkan bisa jadi mengakibatkan dosa karena tergelincir kepada kubangan bid’ah. Wallahu a’lam.
Bukti cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah dengan i’tibba, Sha mi’na Wa atho’na, kareana sebaik-baiknya perkataan adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah SAW.

BILA dakwah sudah menjadi komoditi

Tag

Oleh : Muhammad Abduh Aljihad

“Semua bisa jadi uang”, slogan ini bisa jadi tengah menjangkiti masyarakat kita, gejala tersebut bisa dilihat ketika kultur sosial dan kesetia kawanan diantara anggota masyarakat telah tergantikan dengan materi. Tak ada tolong menolong jika tidak didahului dengan perjanjian, dibayar berapa, dst.
Agama yang sejatinya memiliki aturan dan batasan tersendiri pun tak luput dari incaran para pemilik modal, walhasil Agama pun menjadi komoditi baru yang menjanjikan mesin uang.
Dakwah misalnya , ia bukan lagi media untuk menyampaikan al haq dan mengingatkan umat akan bahaya kebatilan, namun telah bergeser menjadi industri hiburan, seperti yang sering kita saksikan dakwah yang dikemas dengan konser musik, dakwah dengan format lawak, dakwah dengan alur cerita sinetron/film dll.
Karena sudah dikemas menjadi hiburan, maka materi menjadi nomor dua. Standar yang digunakan adalah rating, market, atau parameter-parameter materialis lainnya. Tak heran jika acara-acara yang disebut dakwah itu justeru dijejali dengan artis-artis yang tidak diketahui jelas bagaimana akhlak dan kesehariannya apalagi soal keilmuannya, yang penting bagaimana bisa menarik pemirsa sebanyak mungkin sekaligus untuk meraup keuntungan dari pemasang iklan, begitu juga para pendakwah masa kini mereka tidak mau berdakwah jika tak ada upah.
Kini persoalannya bukan bagaimana “mereformasi” tayangan-tayangan tersebut dan mereformasi pendakwah profesi, tetapi bagaimana kita menelaah dan mencermati kembali methode dakwah yang selama ini banyak dipraktekan ditengah masyarakat kita. Bolehkah dakwah dengan format sinetron/film? Dakwah dalam bentuk cerita fiksi? Dakwah dengan musik? Dakwah dengan format dagelan? dll. Alasan klasik yang selalu dikemukakan para penjaja “dakwah plus” atau “dakwahtainment” itu biasanya adalah bagaimana agar umat ini lebih bisa menerima dakwah, dalam bahasa yang lugas, jika dakwah dikemas dan disampaikan secara gaul maka akan menjamin lebih banyak orang yang datang. Mengemas dakwah menjadi menarik diperbolehkan tetapi tidak berarti menghalalkan segala cara, apalagi sampai bertabrakkan dengan rambu-rambu syariat. Dulu Rasulullah SAW juga berdakwah dan yang menolak dakwah beliau pada awalnya justeru lebih banyak dari yang menerima. tetapi kemudian apakah cara dakwah Rasulullah SAW telah gagal? Atau Rasulullah SAW dianggap kurang pandai mengemas dakwah? Lalu kemudian Rasulullah SAW berdakwah sambail melawak umpamanya? Na’udzubillah.
Jumlah bukan ukuran kesuksesan sebuah dakwah, pengajian yang dijejali pengunjung dan dengan kostum yang bagus tidak otomatis menjadikan dakwah benar, karena tidak sedikit diantara da’i-da’i tersebut dimasyarakat saat ini hanya pandai retorika, menjual popularitas, hingga modal melucu. Apalagi antara pria dan wanita duduk bersama tanpa hijab, da’inya dipandu oleh pembawa acara lawan jenis sebagus apapun yang dikaji akan menjadi rusak, seperti menuangkan minuman jika gelasnya bau dan kotor maka minuman sebagus apapun tak akan bermanfaat, bahkan sebaliknya bisa menjadi sakit.
Wallahu Ta’ala a’lamB

Shalat Isyroq Solusi Ibadah Haji dan Umroh

Tag

Oleh Muhammad Abduh Aljihad
Salah satu rukun Islam adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah. Nabi Muhammad SAW bersabda “Agama dibangun atas lima perkara: bersyahadat bahwasanya tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allah dan Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, shaum di bulan Ramadhan dan berhaji ke Baitullah”. dan “Umroh yang satu ke umroh berikutnya merupakan penghapus dosa diantara keduanya dan haji yang mabrur tiada balasanya melainkan surga”. (HR. Bukhori Muslim). Menunaikan ibadah haji hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh, berakal, sehat, merdeka (bukan budak) serta punya kemampuan harta dan fisik. Allah SWT berfirman :”Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam” (QS. Ali Imron 97).
Berdasarkan beberapa dalil diatas maka seluruh umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan harta, mempersiapkan fisik dan mental serta mengikuti manasik haji untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Tetapi seiring perkembangan jumlah umat muslim yang semakin hari semakin bertambah dan peminat haji semakin banyak, maka pemberangkatan ibadah haji menjadi semakin sulit. Jika anda daftar hari ini mungkin anda baru bisa berangkat 12 tahun kemudian bahkan pada daerah-daerah tertentu daftar tunggunya lebih dari 12 tahun. Tentu tidak ada yang tahu seperti apa kondisi fisik 12 tahun kemudian, mungkin sakit, mungkin ekonominya sedang morat marit, bahkan mungkin sudah meninggal. Begitu juga dengan ibadah umroh tak segampang masa lalu. Belum lagi biaya yang semakin mahal.
Lalu bagaimana bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji tapi tak punya biaya ???
Allah SWT maha adil, salah satu bukti keadilanNya adalah Allah SWT menyediakan bentuk amalan lain yang jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas maka amalan tersebut pahalanya setara dengan mengerjakan ibadah Haji dan umroh. Amalan apa itu? Yakni “Shalat Isyroq”
Salah satu solusi meraih pahala haji atau umroh adalah dengan melaksanakan shalat Isyroq, Rasulullah Shallallahu ‘alahi Wa Sallam bersabda; “Barangsiapa mengerjakan shalat shubuh di masjid dengan berjama’ah, lalu dia tetap diam di sana sampai dia mengerjakan shalat Dhuha, maka baginya seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji atau umroh, (yang sempurna haji dan umrohnya).” HR. Ath Thabrani dan “Barangsiapa mengerjakan shalat Shubuh dengan berjama’ah lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit dan kemudian mengerjakan shalat dua rakaat, maka pahala shalat itu baginya seperti pahala haji dan umroh, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” HR. At Tirmidzi.
Jadi shalat Isyroq adalah shalat dhuha pada awal waktu yang dikerjakan dengan syarat mengikuti shalat shubuh berjama’ah di masjid atau mushalla kemudian berdiam di masjid atau mushalla tersebut (tidak pulang) sampai datang waktu dhuha lalu mengerjakan shalat dhuha.
Gampangkan… Yu kita mulai pada hari-hari libur kita, dan shalat ini bisa dikerjakan siapa saja termasuk orang-orang yang mampu berhaji. Jika setiap hari ahad kita bisa melaksanakan shalat Isyroq berarti dalam satu bulan kita sudah punya 4 X lipat pahala haji atau umroh. Tetapi jika anda seorang wanita maka pelaksanaanya harus ditemani oleh mahramnya. Wallaahu Ta’ala a’lam

CINTA SI KUTU BUKU

Tulisan Eka Rahmayanti kelas XI RPL 1 SMK AL-IRSYAD
Yang memenangkan juara ke III
Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMA/SMK Kota Tegal
Tanggal 10 September 2014 di Kantor ARPUSDA Tegal.

Di pagi yang cerah dengan semua ke indahan yang ada di bumi, semua siswa bergegas menuju kelas untuk melakukan aktifitas belajar. Dan aku juga bergegas untuk segera ke kelas.
“Perkenalkan namaku Lisa dan aku biasa di panggil si “ KUTU BUKU”. Aku suka di panggil si “KUTU BUKU” karena keseharian ku di isi dengan ke perpustakaan , aku punya sahabat yang hobinya sama denganku namanya Rena. “Aku sengaja memperkenalkan diri kepada para pembaca”.
Membaca buku merupakan salah satu kegiatan ku untuk mengisi waktu luang. Setiap jam istirahat sekolah , aku dan Rena pasti ke perpustakaan. Menurutku membaca merupakan salah satu kegiatan yang praktis , murah dan tentunya sangat bermanfaat, yaitu ilmu dan pengetahuan kita menjadi luas. Praktis karena tidak membutuhkan peralatan yang rumit, dapat di lakukan kapan saja dan dimana saja. Di tempat yang sunyi, sepi atau di tempat yang ramai penuh orang.
Buku yang sering aku baca adalah novel dan cerpen. Sering membaca buku juga dapat membuat kita banyak pengalaman. Tetapi jaman sekarang minat membaca sangat kurang di kalangan remaja , mungkin karena faktor ingkungan dan kepribadian. Faktor lingkungan mungkin dari cara pergaulan mereka sedangkan kepribadian . faktor lingkungan bisa saja dari kurangnya rasa atau niat membaca.
Tidak semuanya membacaa buku merupakan hal yang membosankan , seperti komik atau cerita bergambar (cergam). Komik terkadang juga mengandung kelucuan yang membuat si pembaca tertawa. Aku dan Rena merupakan anggota tim “MADIN” atau yang sering orang bilang denagan sebutan “majalah dinding” dengan mading kita dapat berapresiasi dan berkreasi seperti membuat puisi, cerpen, slogan, dan sebagainya.
“Ren, gimana hari ini kan jadwal mading kelas kita, udah siap belum?” Tanyaku ke Rena yang sedang sibuk mennyiapkan bahan-bahan materi yang akan di tempelkan di mading.
“Udah kok lis”Rena menjawab tanpa memalingkan mukanya yang sedang menyiapkan bahan yang akan di tempelkan.
“Ya sudah ayo kita pasang sekarang “ jawabku sambil bergegas ke mading.
Ketika sedang memasang hasil arya kelasku di mading tiba-tiba saja terdengar suara orang jatuh dan ternyata Doni. Doni anak kela X RPL 1. Dia sering mengikuti kami. Saat kami sedang menempelkan bahan-bahan yang telah di siapkan.
“sedang apa kamu Don di situ?”tanyaku kepada Doni. ”emm…. tidak lagi apa-apa, Cuma tadi jatuh tersandung batu “ jawab Doni dengan terbata-bata , “ oh ya sudah “ jawabku da Rena sambil meninggalkannya
“Lis kayaknya si Doni suka sama kamu”celoteh Rena kepadaku . “Ah tidak mungkin” jawabku sambil trsenyum , “Lihat saja dari tingkah lakunya dia selalu memperhatikanmu” jawab Rena dengan raut yang serius
“Hmmm…… ke kantin yuk Ren…?“ jawabku mengalihkan pembicaraanku kepada Rena.
“Ayo” jawab Rena
Setiba di kantin aku bertemu Doni, terlintas di pikiranku tentang omongan Rena tadi bahwa Doni suka kepadaku.
“Masa sih Doni suka sama aku?.” Ucapku dalam hati.
“Hey!! Lagi mikirin siapa tuh? Doni yah?” tanya Rena padaku.
“tidak lagi mikirin siap-siapa kok, Ren udah makannya? Kalau sudah kita ke perpustakaan yuk…?” tanyaku pada Rena.
“Ya ini sudah selesai makannya , ya sudah ayo kita ke perpustakaan” jawab Rena sambil mengajakku.
“Ya” jawabku
Sesampainya di perpustakaan aku melihat di situ ada Doni “Kenapa ya Doni selalu mengikutiku?”kataku dalam hati. Dan aku menghampiri Doni .
“Hey Don, sedang apa kamu di sini tumben banget ke perpustakaan ?” tanyaku.
“Ya pengen saja” jawabnya
“Tapi aneh …. kamu yang selama ini tidak suka datang ke perpustakaan, sekarang jadi suka ke perpustakaan.”Tanyaku kembali dengan kebingungan.
“Bagus dong kalau sekarang aku suka ke perpustakaan “ jawab Doni dengan muka kesal.
“Aku mau tanya apa alasannya tiba-tiba saja kamu suka ke perpustakaan. Maaf ya? Secara kamu anggota club dance dan kamu orang yang pertama kalinya dari club dance yang mau ke perpustakaan.” Tanyaku. “Nanti kamu juga tau alasannya, aku mau ke kelas dulu.” Jawab Doni sambil menaruh kembali buku yang ia baca dan bergegas ke kelas.
“Ya sudah semoga bisa seterusnya kamu seperti itu” jawabku dengan kesal.
“Ya makasi” jawab Doni dengan cueknya
“sama-sama” jawabku kembali
Waktu istirahatpun sudah berakhir kami bergegas ke kelas. Dan seperti biasanya mengikuti pelajaran pada jam itu. Sepulang sekolah tiba-tiba saja Doni menghampiriku.
“Lis… lisa tunggu, aku mau ngomong sesuatu .” ucap Doni dengan kelelahan.
“Ya ada apa Don?” jawabku
“Maaf lis akhir-akhir ini bikin kamu risih , aku mau jujur sama kamu boleh?” tanya Doni daengan keraguannya.
“Ya boleh” jawabku , sebenernya aku lama suka sama kamu tapi baru sekarang aku berani ungkapin ke kamu. Kamu mau tidak jadi pacar aku?” jawab Doni kepadaku, “gimana ya? Jawabannya nanti ya setelah kita lulus sekolah aku mau fokus ke pendidikan “ jawabku kembali kepadanya
“Lama dong lis” jawab Doni
“ya itu terserah kamu mau apa tidak” jawabku
“oke aku akan nunggu sampai kita lulus sekolah, aku anterin pulang ya lis?” ucap Doni
“ya Don” jawabku dengan tersenyum.
Sesampainya di rumahku Doni langsung pulang dengan wajah sedih.
“Don, makasih ya udah nganterin aku pulang.” Ucapku pada Doni.
“ya sama-sama lis.” Jawab Doni
Keesokan harinya, aku beraktifitas seperti hari-hari sbelumnya teteapi hari ini berbeda. Sekarang keadaan perpustakaan hanya di kunjungi beberapa anak saja, tidak seperti hari sebelumnya yang ramai di kunjungi oleh pecinta buku di sekolahku. Keadaan seperti ini membuatku sedih.
“Ada apa dengan mereka?” kataku dalam hati sambil duduk di perpustakaan, tiba-tiba Rena datang dari belakang dan mengkagetkanku “ Hayoo lagi ngelamunin siapa nih ? Aku liat dari pintu perpustakaan kamu dari tadi diam terus tanpa ada semangat yang menggebu-gebu untuk membaca buku, ada apa denganmu lis?” tanya Rena . “Berlebihan kamu Ren… aku tidak mikirin siapa-siapa kok…. Cuma lagi ada masalah kecil”jawabku kepada Rena. “ Oh , ya sudah aku kesitu ya mau cari buku untuk aku baca” jawab Rena “ya” kataku dan aku melanjutkan membaca buku, tiba-tiba Doni menghampiriku.
“lisa”
“ya Don” jawabku
“kamu kenapa keliatannya lagi ada masalah?” tanya Doni kepadaku
“Ya Don lagi ada masalah. Kamu lihatkan di perpustakaan sekarang sepi dan Cuma kita bertiga saja yang ke sini, biasanyakan ramai karena di sekolahan kita, banyak yang suka membaca buku.” Jawabku engan wajah yang sedih.
“Aku punya ide,gimana kalau kita bikin club perpustakaan dan kita akan mengumpulkan dana dari club danceku dan club perpustakaanmu, lalu untuk melengkapi buku-buku di perpustakaan. Agar lebih menarik atau kita ubah suasana perpustakaan kita dengan nuansa desa, gimana lis?” tanya Doni kepadaku “ide yang menarik.” Jawabku kembali dengan tersenyum.
3 minggu kemudian……
“ Makasih ya Don atas idemu, sekarang perpustakaan kita jadi lebih banyak dikunjungi “ ucapku kepada Doni “Ya sama-sama lis” jawabnya sambil tersenyum kepadaku. (A.Yani-medio sep 2014)

SMK Al-Irsyad Tegal Study Banding di Musawerna

Added by PT. Platmerah Group Plat Merah on August 27, 2014.
Saved under Berita Daerah, Jawa Tengah, News, Pendidikan Budaya

Plat Merah | Tegal, Jateng – Baru-baru ini SMK Al-Irsyad Tegal “Ngangsu Kaweruh“ di Muhamadiyah 1 Adiwerna (Musawerna), Sabtu, (23/8). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan simposium pendidikan yang diadakan di gedung pertemuan Al-Irsyad Tegal yang diadakan oleh Badan musyawarah Perguruan Swastakota Tegal yang mengundang Prof.DR.M.Eng.Imam Robandi dosen Institut Tehnologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Ada apa dengan Musawerna dan mengapa SMK Al-Irsyad perlu mengunjungnya?Ternyata di sana memang ada sesuatu yang menarik dan punya kelebihan tersendiri. Karena Turrachman S.Pd.I Kepala Sekolah, memiliki banyak pengalaman dan sudah melalang buana kesejumlah sekolah-sekolah terbaik di luar negeri antara lain Jepang, Singapore dan Malaysia. Apa yang didapatkan dari perjalanan ke luar negerinya beliau terapkan di sekolah yang pimpinnya.
Tepat sekitar pukul 08.30 WIB rombongan SMK Al-Irsyad Tegal Yang dipimpin oleh Muslimah,S.Pd selaku Kepala Sekolah bersama dengan Staff Yayasan Al-Irsyad serta sejumlah Wakil Kepala Sekolah, Koordinator BK,Ka.TU dan Bendahara Sekolah telah disambut luar biasa layaknya tamu agung.
Acara kunjungan tersebut antara lain diisi sambutan selamat datang oleh salah seorang kepala Bidang eksternal kemudian dilanjutkan sambutan Kepala SMK Al-Irsyad. Dalam sanbutannya beliau mengatakan bahwa SMK Al-Irsyad sekolah berdiri pada tahun pelajaran 2010/2011 dan saat ini sudah mempunyai siswa sebanyak 401 siswa dengan 2 (dua) Kompetensi Keahlian yaitu Rekayasa perangkat lunak (RPL) dan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ).

Selanjutnya beliau berharap agar ke depan SMK Al-Irsyad menjadi sekolah yang unique, different dari sekolah pada umumnya. Dari alasan tersebut maka sangat tepat SMK melakukan kunjungan karena program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan di sekolah tersebut pun bisa diterapkan di SMK Al-Irsyad Tegal.
Dalam sambutannya Kepala Cabang Muhamadiyah Adiwerna Drs.Fatchuri menyampaikan bahwa bekolah berbasis Islam harus berbenah dan harus mengikuti perubahan disekitarnya dengan penuh semangat dengan memperdayakan seluruh potensi yang ada, terutama sumber daya manusia.
Tak kalah menarik, dalam kegiatan tersebut disuguhkan pula penampilan para siswa diantaranya English News Reading yang sudah menjuarai di Malang Jawa Timur, Tahfidz yang membacakan Surat Al-Baqoroh oleh Dian Purwati yang akan mengikuti tahfidz di Rumah Tahfidz Jakarta yang di kelola oleh Ust. Mansyur dan di akhiri dengan penampilan seorang siswi dalam membacakan sebuah puisi.
Turrachman S.Pd.I dalam penyampaian Visi dan misi Musawerna menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Musawerna sudah disesuaikan dengan visi dan misi sekolah dengan program-programnya baik program jangka menengah maupun jangka panjangnya. Diantara program-program itu antara lain Student Exchange ke Singapore dengan mengirimkan 10 siswa-siswinya.
Program ini dimaksudkan agar siswa/siswi merasakan atmosfir di sekolah internasional yaitu Henderson secondary School of Singapore,sebuah sekolah milik pemerintah dan merupakan sekolah favorit dan terbaik di negeri tersebut. Siswa/siswi itupun berkunjung ke Madrasah Aljunned Islamic School salah satu sekolah Islam terbaik di Singapore yang didirikan oleh seorang tokoh Islam dari Timur Tengah. Penajaman pada kerjasama skala internasional mempertegas bahwa mengubah mindset guru dan siswa/siswi harus dilakukan secara total. Guru harus dapat menjadi inspiring bagi siswa –siswinya di samping tentu saja harus kreatif.
Dalam rangkaian kegiatan satu hari kunjungan tersebut SMK Al-Irsyad berkomitmen untuk menjadikan segala potensi sekolah menjadi peluang untuk menuju sekolah populer yang diperhitungkan kapasitas dan kualitasnya di kancah pendidikan kota Tegal dan sekitarnya.
Satu hari kegiatan telah membuka wawasan dan banyak hal yang bisa di lakukan SMK Al-Irsyad demi kemajuan ke arah yang lebih baik.
Terpisah Waryadi S.Pd selaku waka kesiswaan mengatakan bahwa kegiatan study banding semacam ini sangat bermanfaat dan seluruh stakeholder SMK Al-Irsyad dapat mengambil pengalaman dari institusi lain untuk bisa di kembangkan seperti kegiatan ekstra kurikuler di bidang Robotik. Kegiatan tersebut dapat menambah semangat siswa dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di dunia Robotik. Secara tegas Waryadi akan merealisasikan ekskul Robotik menjadi kegiatan unggulan yang bekerja sama dengan Musawerna.
Sharing antara SMK Al-Irsyad dengan Musawerna ini diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari SMK Al-Irsyad kepada Kepala Musawerna dan dilanjutkan dengan penandatanganan Agreement of Partnership oleh kedua belah pihak.(A.Yani-sep 2014)

Siswi SMK Al-Irsyad Wakili Kota Tegal Ikut Pelantara IV Di Raja Ampat

Added by PT. Platmerah Group Plat Merah on September 7, 2014.
Saved under Berita Daerah, Jawa Tengah, News, Pendidikan Budaya
Plat Merah | Tegal, Jateng – Pelantara (Pelayaran Lingkar Nusantara) IV tahun 2014 kembali digelar, pelaksanaan berlangsung selama satu bulan sejak 8 Agustus hingga 4 september 2014. Anida Fitria Ningsih siswi kelas XI RPL 1 salah satu siswa dari SMK Al-Irsyad Kota Tegal yang mewakili kontingen Saka Bahari Kota Tegal mengikuti kegiatan tersebut.
“ Kegiatan ini untuk Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka yang diselenggarakan oleh Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional tersebut diberangkatkan dari Jakarta,” Kata Aninda belum lama.
Dalam kegiatan Pelantara, para peserta diajak mengikuti kegiatan pelayaran dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya 591 melalui rute yang telah ditentukan. Untuk rute yang dilalui tahun ini, yakni Jakarta-Makasar-Bumper Weisey Raja Ampat Papua Barat-Ambon-NTT-Bali-Jakarta. Kegiatan juga diisi dengan perkemahan di salah satu tempat yang dilalui rute pelayaran tersebut.
Para peserta Pelantara menaiki KRI Surabaya dengan nomor lambung 591 ini merupakan salah satu kapal perang milik TNI-AL yang berjenis Landing Platform Dock (LPD) buatan Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan tahun 2005. Kapal berbobot 7.300 ton ini memiliki ukuran panjang 122 meter, lebar 22 meter, draft 163 meter, serta mampu mengangkut 100 awak dan 407 troops dengan 3 helikopter.
Untuk peserta secara nasional diikuti 522 peserta pelantara dan 200 peserta KPN (kapal pemuda nusantara). Kegiatan ini, diharapkan dapat menambah jiwa patriotisme anggota Pramuka penegak dan pandega. Selain itu, diajarkan pula pengenalan wilayah pertahanan pulau terluar di Indonesia guna memunculkan jiwa nasionalisme anggota.
Adapun kegiatan Pelantara dalam rangka membentuk karakter yakni melalui pelayaran dengan kapal perang guna mengenal arti strategis laut sebagai pemersatu dan melatih disiplin serta sadar bela negara. Kegiatan juga dilakukan berupa kunjungan kota pesisir dan pulau terpencil guna mengenal kebhinekaan dan masalah sosial. Selain itu digelar pula perkemahan di Raja Ampat Papua barat agar peserta dapat mengenal masalah sosial masyarakat guna meningkatkan kesadaran bela negara.
Kegiatan lain yang tak kalah menarik yakni gelar seni budaya dan hiburan, bhakti sosial, wisata budaya, dan festival budaya. Untuk kegiatan penguat digelar pula Upacara Hari Pramuka, Upacara tabur bunga di laut makasar, Upacara HUT RI, kursus selam, dan kegiatan mandi Khatulistiwa,Pesiar di setiap daerah yang di singgahi,Mengikuti kegiatan pembukaan sail raja ampat yang di hadiri Presiden Susilo Bambang Yudoyono,pemberian materi oleh menteri Perikanan dan kelautan RI dll. PELANTARA Ke-IV tahun 2014 mengusung tema“ Dengan Pelayaran Lingkar Nusantara, Kita Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Dan Masyarakat Sejahtera Di Wilayah Pesisir, Pulau Terpencil dan Terluar Demi Terwujudnya Kesadaran Bela Negara Yang Tinggi”.
Kegiatan Pelantara dalam rangka membentuk karakter bagi pemuda (Pramuka) melalui Pelayaran dengan Kapal Perang, mengunjungi kota pesisir dan pulau terpencil, perkemahan di wasai raja ampat papua barat. Anindapun merasa senang dapat mengikuti Pelantara IV karena bisa bertemu dengan bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono, menteri perikanan dan kelautan, para Gubernur dan pejabat di daerah yang di singgahi, dan satu lagi satu pengalaman yang tidak akan di lupakan selama hidup.(A.Yani-sep 2014)

In House Training Implementasi Kurikulum 13 di SMK Al-Irsyad Tegal

Plat Merah | Tegal, Jateng – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL-Irsyad dan SMK Assalafiyah Tegal mengadakan In House training (IHT) dengan mengambil tema penerapan model-model pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di gedung serbaguna SMK setempat dan berlangsung 2hari sejak Rabu-Kamis (13-14/8).
Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Dra.Titik Andarwati sekaligus memberikan materi capaian Tegal cerdas dengan 6 program prioritas dan Rencana aksi perubahan dinas pendidikan Kota Tegal serta mengangkat isu aktual yang ada di kota Tegal.
Kepala Sekolah SMK Al-Irsyad Kota Tegal Muslimah,S.Pd mengatakan bahwa penerapan kurikulum 2013 perlu di barengi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja Ikhlas untuk bisa menerapkan itu semua perlu komitmen dari semua pihak.
Drs.Sudirman, MT Narasumber menyampaikan materi tentang penilaian berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013. Kegiatan tersebut juga menggandeng Dunia usaha dan dunia Industri dari Rumah Program Tegal oleh Dimas Edu Prasada yang memberikan arahan akan pentingnya siswa memiliki skill dan atitude untuk memasuki dunia kerja, maka pembelajarannya harus menyesuaikan dengan dunia Industri.
Adapun materi yang lain di sampaikan oleh Ibnu Hajar Dewantoro,S.TP,Msi menyampaikan tentang penyusunan RPP beliau berpesan kepada peserta IHT, perlu di sampaikan filosofi dari materi yang akan di ajarkan kepada peserta didik dan juga tujuan pembelajaran. Di hari kedua narasumber Ibnu Hajar Dewantoro,S.TP, M.Si menyampaikan materi tentang teaching clinic, motivasi pembelajaran dan memandu pembuatan RPP sekaligus Presentasi hasil RPP dari peserta yang di sampaikan oleh Sari Dewi Mahaningrum,S.Pd, M.Pd dan di akhiri dengan menunjuk guru model yang di sampaikan oleh Waryadi, S.Pd harapannya dengan adanya peer Teaching ini peserta dapat melihat langsung pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan scientific yang di dalamnya ada lima pengalaman belajar yaitu Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan.
Salah satu peserta IHT Eli Supriyati,S.Pd mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu sekali dalam pembelajaran mengingat baru akan menerapkan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.
“ Saya harap kegiatan ini tak hanya sekali saja akan tetapi perlu ada pelatihan lain agar dapat betul-betul dalam mengajar sesuai dengan harapan,” Tuturnya.( A.Yani)

UJIAN NEGARA MANDIRI

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

 

UJIAN  NEGARA  MANDIRI

ALTERNATIF SOLUSI ,MENUJU TERLAKSANANYA PENDIDIKAN YANG EFFEKTIF,EFFISIEN DAN BERTANGGUNG JAWAB SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN  MUTU PENDIDIKAN  NASIONAL

 

DI SUSUN

 

DALAM RANGKA MENYUMBANG IDE DAN GAGASAN UNTUK LEBIH MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BANGSA JUGA UNTUK MEMENUHI SYARAT LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM RANGKA HARI JADI KOTA TEGAL TAHUN 2014

 

          OLEH

 

NAMA                        :  Drs.AHMAD  YANI

NUPTK                       :  456744643200003

NRG                           :  138101173001

SEKOLAH                 : SMK AL-IRSYAD KOTA TEGAL

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah,wa syukurillah,wa nikmatillah,laa haula walla quwatta illa Billah

Iyya kana budu wa iyya kanas ta’in.

Puji syukur kepada Robb yang maha tinggi dan maha sempurna yang memberikan kesehatan dan kesempatan pada saya untuk menyusun laporan ini sehingga semoga dapat terselesaikan sesuai dengan harapan dan keridhoannya.Amin.

Sholawat dan salam terlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW insan mulia yang menjadi panutan kita menuju jalan lurus yang di contohkannya.

Ucapan terima kasih ,saya haturkan kepada yang terhormat Dra.Titik Andarwati,selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal,yang telah memberikan kesempatan kepada kami  Pendidik dan tenaga pendidik di kota Tegal untuk mengikuti lomba penulisan karya ilmiah ini,semoga kesempatan demikian akan menjadi kebiasaan yang baik sebagai ajang untuk para pendidik berkarya menuangkan ide,gagasan dan karya ilmiahnya dengan tujuan mencari alternative terbaik untuk kemajuan pendidikan.

Teriring ucapan terima kasih kepada Ustadzah Muslimah S.Pd selaku kepala sekolah SMK Al-Irsyad Tegal ,yang telah memberikan ijin dan persetujuan kepada saya untuk mengikuti lomba Penulisan karya ilmiah untuk pendidik dan tenaga kependidikan  yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tegal.

Terima kasih kepada rekan kerja,teman dan sahabat serta saudara ,yang memberikan dukungan moril,kritik dan saran serta do’a sehingga  menguatkan semangat pada saat perasaan sedang tidak enak.jazakumulloh khoir.

 

 

 

Penulisan karya ilmiah ini bertujuan sebagai sumbang saran dari saya,sebagai pendidik yang langsung menangani dan menghadapi siswa yang sering merasa tertekan saat mengikuti Ujian Nasional,hal-hal yang sering terjadi di sekolah-sekolah saat mendekati Ujian Nasional yang terkadang sering bertolak belakang dengan filosofi pendidikan.media-media masa yang memberitakan masalah Ujian Nasional dsb.

Semoga saran dan gagasan yang sederhana ini dapat bermanfaat untuk ikut serta meningkatkan mutu pendidikan nasional,khususnya di kota Tegal.Insya Allah.

Salam

                                   

 

                                                                                    Tegal 10 Maret 2014

                                                           

 

                                                                                    Ahmad  Yani.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR  ISI

           

            Kata Pengantar…………………………………………………………..

            Daftar  Isi…………………………………………………………………

 BAB  I .Pendahuluan……………………………………………………………

            I.1.Latar Belakang Masalah…………………………………………….

               2.Rumusan Masalah…………………………………………………..

               3.Batasan Masalah……………………………………………………

               4.Identifikasi Masalah…………………………………………………

               5.Tujuan dan Manfaat penelitian……………………………………..

BAB  II.Pembahasan Masalah

               1.Landasan Teori………………………………………………………

               2.jenis-jenis persoalan yang muncul…………………………………..

               3.Alternatif yang di berikan penulis……………………………………

               4.Tingkat Keberhasilan ditinjau dari segi effisiensi,effektifitas dan per

                        Tanggungjawaban ………………………………………………..

BAB III Penutup

            1.kesimpulan dan saran

            2.Daftar Pustaka.

           

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB     I.

PENDAHULUAN

 

 

A.LATAR BELAKANG

            Ada beberapa latar belakang yang membuat saya selaku pendidik ingin mengikuti lomba penulisan karya ilmiah bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka hari jadi kota tegal tahun 2014 ini,bahkan seandainya tidak ada lomba ini pun sebetulnya sudah terbersit keinginan untuk ikut serta berpartisipasi mencari alternative terbaik system pendidikan yang dapat menjadikan  system  pendidikan  nasional di Indonesia kembali maju pesat dan berkwalitas baik seperti tahun 1970 an sehingga beberapa guru dari Indonesia di minta untuk mengajar di negeri jiran Malaysia,sungguh masa-masa yang membanggakan.

Untuk memahami Ujian Nasional,kita  harus tahu sejarahnya sebagai berikut :

a. Periode sebelum tahun 1969

Pada periode ini, sistem ujian akhir yang diterapkan disebut dengan Ujian Negara, berlaku untuk semua mata pelajaran. Bahkan  ujian dan  pelaksanaannya ditetapkan oleh pemerintah pusat dan seragam untuk seluruh wilayah di Indonesia.

b. Periode 1972 – 1982

Pada tahun 1972 diterapkan sistem Ujian Sekolah di mana setiap atau sekelompok sekolah menyelenggarakan ujian akhir masing-masing. Soal dan hasil pemrosesan hasil ujian semuanya ditentukan oleh masing-masing sekolah/ kelompok sekolah. Pemerintah pusat hanya menyusun dan mengeluarkan pedoman yang bersifat umum. Untuk meningkatkan dan mengendalikan  mutu  pendidikan serta diperolehnya nilai yang memiliki makna yang “sama” dan dapat dibandingkan antar sekolah.

 

 

 

c. Periode 1982 – 2002

Pada tahun 1982 dilaksanakan ujian akhir nasional yang dikenal dengan sebutan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS). dalam EBTANAS dikembangkan sejumlah perangkat soal yang “pararel” untuk setiap mata pelajaran dan penggandaan soal dilakukan didaerah. Pada EBTANAS kelulusan siswa ditentukan oleh kombinasi nilai semester I (P), nilai semester II (Q) dan nilai EBTANAS murni (R)

d. Periode 2002-2004

Pada tahun 2002, EBTANAS diganti dengan penilaian hasil belajar secara nasional dan kemudian berubah  nama  menjadi Ujian Akhir Nasional (UAN). Perbedaan yang menonjol antara UAN dengan EBTANAS adalah dalam cara menentukan  kelulusan siswa, terutama sejak tahun 2003. Untuk  kelulusan siswa pada UAN ditentukan oleh nilai mata pelajaran secara individual.

e. Periode 2005 – sekarang

Mulai tahun 2005 untuk mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan yang bermutu, pemerintah menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk SMP/MTs/SMPLB dan SMA/SMK/MA/SMALB/SMKLB. Sedangkan untuk mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan yang bermutu, mulai tahun ajaran 2008/2009 pemerintah menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk SD/MI/SDLB.Perkembangan komposisi nilai  penentu kelulusan pun berubah,dari 60;40 untuk Nilai UN:US sekarang menjadi  70:30.Sehingga berkesan setiap periodenya selalu berubah-ubah tetapi terus diiringi persoalan-persoalan baru.

sejarah UN

            ( di sadur dari: Ibnu fajar 75.wordpress.com.di pagar alam .com).

            Ternyata dalam perkembangannya,bukan menambah baik mutu pendidikan  tetapi  justru banyak  menimbulkan  kontroversi.apabila kita browsing di google maka akan banyak sekali komentar pendapat dan masukan serta kejadian kejadian  yang justru bertolak belakang dengan tujuan  Sistim Pendidikan Nasional ,misalnya seperti :

1.Pendapat dari bapak  Drs.H. Marzuki Ali ,ketua DPR RI (di Blog :marzukiali.com)  yang memberikan  penilaian tentang Ujian Nasional sebagai berikut :

-Pasal 35 ayat  (1) UU  Sisitem Pendidikan Nasional No 20 thun 203 bertentangan  dengan pasal 58 ayat  (1)  yang berbunyi “Evaluasi hasil belajar peserta didik di lakukan oleh pendidik untuk memantau proses  kemajuan dan perbaikan  hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan “

– Ujian Negara tahun 2010-2011,dengan  bobot nilai UN 60% dan US,40%,mengacu pada  Permendiknas No.46 Tahun  2010 ternyata masih banyak di temukan penyimpangan ,kebocoran soal,pencontekan missal yang sangat tidak etis dalam sisitim pendidikan.

-Kebijakan  Otonomi daerah,dengan UU No.32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah ikut menyokong menurunnya kualitas pendidikan ,ini terjadi pada pemilihan pejabat di dinas pendidikan yang  kurang kompeten ,recruitmen  guru  kurang  professional, dan penentuan Keberhasilan Peserta didik yang  tidak di sesuaikan dengan kebijakan Otonomi Daerah tetapi justru dari pusat.

2.Pernyataan dari Kemendikbud Muhammad  Nuh,di kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta pada tanggal 13 Mei 2013 yang menyatakan ada 4 hal yang menjadi masalah utama  pelaksanaan Ujian  Nasional  2013 yaitu :

                        a.Keterlambatan DIPA di Kemendikbud 2013

                        b.Kelemahan Manajerial di Kemendikbud

                        c.Kelemahan Manajerial di Percetakan

                        d.Kelemahan  Tim Pengawas.

3.Laporan Kecurangan Ujian Nasional 2013 oleh Indonesian  Corruption Wach (ICW) ke Irjen  Kemendikbud  pada  senin 10 Juni 2013 (Detik.com) yang di sampaikan oleh Peneliti ICW untuk Pelayanan Publik ibu  Siti Juliantari Rahman yang di terima langsung oleh Bapak Haryono Umar selaku Irjen  Kemendikbud,bahwa  ICW banyak menerima temuan soal –soal Ujian Negara yang bocor  walau jumlah paket sudah 20 soal dan lembar jawab berbarcode.

4.  Noor Eka Indahsari di dalam blognya di  Noor-eka .blogspot.com  menulis mengenai Ujian Nasional 2013 yang menurutnya “tiada hari tanpa masalah “ karena mulai dari proses penggandaan  naskah yang terlambat,Pendistribusian yang semrawut bahkan sampai bapak presiden turun tangan dengan bantuan TNI/Polri untuk ikut serta menjaga dan mendistribusikan,sampai pendistribusian soal  di kelas yang salah amplop dan salah mata pelajaran,Pengerjaaan siswa di kelas saat UN yang juga di siarkan lewat TV,banyak anak bebas menyontek dan kerja sama saat mengerjakan,jual beli jawaban soal-soal UN,Proses pemindaian dengan scanner yang menurut lembaga yang di tunjuk oleh kemendikbud,banyak terjadi kendala sampai saat mengumumkan hasil Ujian Negara juga terjadi masalah karena ada beberapa anak pintar dan berprestasi di sekolah justru tidak lulus.

            5.Masalah Biaya Ujian Nasional

            Menurut Mendikbud Muhammad Nuh di SMAN 70 Jakarta,seperti yang di muat di Tribunnews.com pada hari senin tanggal 18 April 2011,Biaya pelaksanaan Ujian Nasional HANYA Rp 580 milyar  saja.untuk menguji 10,7 juta peserta didik yang terdiri dari tingkat SMA/SMK 2,4 juta peserta didik,tingkat  SMP/Mts sebanyak 3,7 juta peserta dan untuk tingkat SD/Mi sebanyak 4,6 juta peserta didik.

            Bayangkan ,kalimat “HANYA “ 580 juta rupiah yang di pakai untuk pelaksanaan Ujian Negara,jika bertambah tahun dan bertambah peserta,tentu kalimat “HANYA” juga akan berubah semakin besar nilainya,sungguh harga yang tidak murah mengingat banyak sekolah yang masih membutuhkan banyak bantuan dan siswa-siswa miskin yang terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena keadaan ekonomi orang tua.

            Masalah-masalah diatas ,seperti gunung  es yang puncaknya saja yang nampak,belum persoalan  lain yang tidak termuat tetapi justru lebih besar terjadi seperti banyak siswa minta doa ke tempat-tempat keramat ,meminta dukungan para normal untuk mengkondisikan pensilnya agar saat  Ujian Nasional bias lancer,Mental yang down saat menghadapi hari H,apalagi anak anak yang tiba-tiba harus duduk di deretan bangku depan,orang tua yang kasak-kusuk,bahkan pihak sekolah yang dengan terpaksa mengkondisikan demi nama baik dan status sekolah,mental tidak jujur,banyak memberikan kemudahan  pada peserta didik agar mendapat nilai di atas KKM  semuanya terjadi hanya agar dapat lulus Ujian Nasional,tanpa terasa menumbuhkan SIKAP dan MENTAL  yang  menjurus dekadensi MORAL BANGSA.

            Inilah hal-hal yang melatar belakangi saya ingin ikut dalam lomba ini,bahwa sesungguhnya di perlukan  SUATU ALTERNATIF  SOLUSI YANG LEBIH EFFEKTIF UNTUK MENANGGULANGI PERMASALAHAN DALAM UJIAN NAIONAL.

B.RUMUSAN  MASALAH

            Dari beberapa persolan yang sudah di sampaikan di tas ,dapat di ambil kesimpulan:

            1.Ujian Nasional  banyak memunculkan masalah

            2.Pelaksanaan Ujian Nasional Tidak Effektif ,Effisien dan Kurang Bertanggung Jawab

            3.Dari segi biaya,yang di keluarkan Pemerintah sangat besar tetapi belum sesuai hasil

            4.Perlunya di cari alternative yang tepat untuk  solusi Permasalahan UN.

C.TUJUAN

            Ada beberapa hal  yang menjadi tujuan penulis ,dalam menyusun karya tulis ini,yaitu:

            1.Menyumbangkan saran dan ide agar Ujian Nasional dapat lebih Optimal

            2.Mengurangi persoalan yang muncul saat Ujian Nasional

            3.Melaksanakan Ujian Nasional yang effektif,effisien dan bertanggung jawab

            4.Menyampaikan saran dan ide sebagai solusi permasalahan Ujian Nasional.

            5.Merumuskan system Ujian Nasional yang lebih baik dan lebih bermutu

            6.Menumbuhkan sikap mental  bangsa sebagai bangsa pejuang.

D.MANFAAT

            Ada 2 manfaat yang penulis harapkan dari peyusunan karya tulis ini,yaitu :

            1.Manfaat Teoritis

               Karya tulis ini dapat di manfaatkan sebagai bahan studi perbandingan dalam  peran serta meningkatkan mutu pendidikan di tanah Air tercinta Indonesia yang relevan terkait masalah problematika  yang terjadi saat pelaksanaan Ujian Nasional.

            2.Manfaat Praktis

            Karya tulis  ini di harapkan dapat menjadi upaya sumbang saran dari tenaga pendidik dalam mengatasi problematika Ujian nasional juga sebagai  penambah referensi materi mengenai Ujian nasional baik bagi penulis maupun  pihak-pihak yang membutuhkan

            Dalam Pelaksanaanya,apa yang di sarankan oleh penulis tentu masih jauh dari sempurna Karena kesempurnaan hanya milik Allah azza wa jalla,tetapi setidaknya akan membuka lembaran pemahaman  baru untuk menyikapi persoalan yang muncul saat Ujian Nasional ,agar mutu pendidikan Bangsa ini  kembali bermutu baik mutu sikap ,pengetahuan dan  ketrampilan peserta didik sesuai yang di harapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republi Indonesia.

           

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  II

PEMBAHASAN  MASALAH

 

A.LANDASAN  TEORI

 1. UUD 1945 yang menerangkan mengenai pendidikan Pasal  31 ayat 1,2,3,4,5, berbunyi :

Ayat 1 : Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan

Ayat 2 : Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya

Ayat 3 : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional,yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa ,yang diatur dengan undang-undang

Ayat 4 : Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang kurangnya 20 % dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan nasional

Ayat 5 : Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradapan kesejahteraan umat manusia

            Dari 5 ayat yang tersirat di UUD 1945,tidak ada  satu ayat pun yang mengakomodir perlunya di laksanakan Ujian  Negara,Ujian Nasional,yang tersirat dari ayat ke 3 adalah sistem pendidikan  nasional untuk meningkatkan Keimanan,Ketakwaan dan Ahlak Mulia,dan tidak Mengutamakan  Kecerdasan//nilai Kognitif  seperti yang ingin di hasilkan oleh Ujian Nasional.

2.Undang Undang No.22 tahun 1999 tentang  Otonomi Daerah ,Desentralisasi Pendidikan

            1).Sekolah berwenang Mengelola dan memberdayakan Potensi Yang di miliki

            2).Effisiensi Keuangan dengan memanfaatkan pajak daerah dan sumber 2 lokal

            3).Effisiensi Administrasi,memotong mata rantai birokrasi

            4)Kebebasan  memperluas dan  pemerataan penyelenggaraan Pendidikan

            (Dr Marhot Manulang,pakguruonline,jumat 14 Maret 2014)

3.Peraturan Pemerintah No 25 tahun 2000 ,menyebutkan Seluruh urusan pendidikan menjadi kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota ,kecuali Perguruan Tinggi

Kewenangan Pemerintah Pusat hanya menetapkan  standar minimal,baik dalam persyaratan calon peserta didik,kompetensi peserta didik,Kurikulum nasional,Standar  kelulusan,materi pokok dan pedoman pembiayaan fasilitas pendidikan (pasal 2 butir II)

4)Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 :perubahan atas Peraturan Pemerintah  No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,.

            Pasal 1 ayat 1 menyebutkan Standar Pendidikan Nasional adalah criteria minimal tentang

            Sistim pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesi(pasal 2 ayat 1).

            Yang  menyangkut 8 standar pendidikan.

            DAS SOLLEN DAS SEIN,ternyata harapan berbeda dengan kenyataan,di satu sisi di beri harapan tetapi di sisi lain justru di jegal. Dari ke 2 Undang-Undang,dan 2  Peraturan Pemerintah di atas, sebetulnya merupakan pintu  menuju  jalan terbaik untuk mencari cara menemukan solusi yang lebih baik,dalam  pelaksanaan Ujian nasional,agar system  pendidikan dapat di kelola oleh pemerintah daerah.untuk kepentingan  perbaikan    mutu  pendidikan secara  nasional.

           

B.ALTERNATIF SOLUSI YANG DI GAGAS PENULIS.

            Memperhatikan masalah yang sering muncul saat pelaksanaan Ujian Nasional maka sebagai pendidik,saya ingin memberikan sedikit gagasan ,sebagai bentuk kepedulian dari hati yang paling dalam melihat perkembangan mutu pendidikan yang semakin lama semakin jauh dari harapan.dan  gagasan itu berupa bentuk pengganti dari Ujian Nasional menjadi UJIAN NEGARA MANDIRI.Penjelasannya sebagai berikut :

           

UJIAN  NEGARA MANDIRI,adalah suatu bentuk pelaksanaan Ujian Nasional,tetapi di laksanakan  secara perorangan atau  perkelompok,dalam jumlah terbatas di suatu tempat yang telah di sediakan oleh instansi terkait,terstandar dan bertanggung jawab.dan bila lulus berhak mendapat ijazah Negara.

            Unsur-Unsur Yang  terkait  dlam UJIAN NEGARA MANDIRI :

1.Peserta :       

a.Semua peserta didik yang sudah lulus ujian sekolah tingkat SD/MI,SMP/Mts,SMA/SMK/MA dan yang telah lulus dari kelompok belajar (Kejar)

b.Berusia tidak lebih dari  23 tahun.

c.Berkewargaan  Indonesia

d.Ada rekomendasi berprilaku baik dari sekolah asal.

e.Bila kolektif ,maka di koordinasikan sekolah asal,dengan jumlah tertentu.

2.Waktu Pelaksanaan :

a.Di laksanakan setelah Ujian Sekolah

b.Per tri wulan (April,Mei,Juni),atau Per semester (Juni sampai Desember.)

3.Materi Ujian :

a.Menggunakan CBT (Computer Base Test)

b.Waktu dan jumlah soal di tentukan

c.Materi sudah sesuai Skl minimal yang di tetapkan  Pemerintah.  

d.Materi sesuai peminatan dan  program  paket yang di pilih peserta UNM

    – Paket A= Matematika,Bahasa(Indonesia,Inggris),IPS (Ekonomi,sejarah,geografi)

    -Paket  B= Matematika,Bahasa(Indonesia,inggris),IPA(Fisika,kimia,biologi)

e..Peserta yang gagal melaksanakan Ujian Negara  Mandiri,dapat mengulang setelah koordinasi dengan pihak penyelenggara.sampai batas waktu Usia 23 tahun.

4.Biaya Penyelenggaraan

Setiap peserta Ujian di kenakan  1 kali pembayaran untuk biaya pelaksanaan 1kali  Ujian Negara mandiri,dari mulai pendaftaran sampai mendapat sertifikat  ijasah dari Negara,yang jumlahnya telah di tentukan ,dengan ber azaskan keputusan kepala daerah.dan untuk peserta yang berprestasi tetapi dari keluarga tidak mampu  maka pemerintah wajib memberikan dispensasi melalui koordinasi antara sekolah,domisili anak dan pemerintah daerah.

5.Penyelenggara Ujian Negara  mandiri

Pemerintah Daerah ,melalui Dinas Pendidikan,berkoordinasi dengan  Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan bekerja sama dengan lembaga yang di tunjuk seperti Perguruan Tinggi,Akademi,Dosen ,Dewan pendidikan dsb menyiapan :

– materi,pengawas,pengolah data,waktu,jumlah peserta,jadwal,sarana prasarana.

-Pemerintah menerbitkan SK untuk  Panitia UNM di daerah.

– -Negara memberikan Insentif kepada Penyelenggara Ujian Negara mandiri

-Menerbitkan ijasah Negara bagi peserta yang lulus.

            Apabila Ujian Negara mandiri di laksanakan maka hal ini sudah sesuai dengan Undang-Undang Otonomi Daerah,Sesuai dengan Undang-Undang dasar 1945 pasal 31 ayat 1 sampai 5,sesuai dengan filosofi pendidikan yaitu menumbuhkan sikap yang agamis dan berahlak mulia,mempunyai ketrampilan yang baik dan pengetahuan yang bermutu.

            C.TINGKAT  KEBERHASILAN.

            Setiap Inovasi di bidang pendidikan pasti menimbulkan pro dan kontra,masing masing mempunyai kepentingan yang mempengaruhi keputusan untuk berbeda pendapat,tetapi apabila yang menjadi focus utama adalah mutu pendidikan bangsa Indonesia di masa depan maka semua perbedaan pendapat harus di buang jauh-jauh dan utamakan persamaan persepsi kebersamaan untuk bangsa.

                Sesuai dengan Judul yang saya ambil yaitu UJIAN  NEGARA  MANDIRI

ALTERNATIF LAIN PENGGANTI UN,MENUJU TERLAKSANANYA PENDIDIKAN YANG EFFEKTIF,EFFISIEN DAN BERTANGGUNG JAWAB SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN  MUTU PENDIDIKAN  NASIONAL

-Keberhasilan di lihat dari Effektifitas

-Mampu  mengukur kecerdasan siswa tanpa ada pengkatroran/rekayasa

-Anak melakukan Ujian saat dia betul-betul merasa siap secara mandiri

-Akan menumbuhkan sikap optimis,termotivasi untuk selalu lebih baik.

-Keberhasilan di lihat dari Effisiensi

            -Uang Negara bisa di alokasikan pada kegiatan dan fasilitas pendidikan  yang lebih tepat

            -Segi waktu lebih Fleksible

            -Tidak membutuhkan distribusi soal

            -Tidak membutuhkan waktu lama untu mengetahui lulus atau tidak.

-Keberhasilan  dari segi Tanggung Jawab:

-Karena di laksanakan ,di evaluasi dan di awasi secara langsung maka Ujian ini lebih bisa di pertanggung jawabkan  hasilnya..

-Dapat di pertanggungjawabkan Biaya nya,

-Dapat di pertanggungjawabkan Waktu  pelaksanaanya

-Pesertanya

-Penyelenggaranya.

-Dapat di manfaatkan untuk Akreditasi sekolah,yang siswanya banyak lulus UNM maka

          Akan memberikan point baik untuk penilaian akreditasi.

BAB  III

PENUTUP

1.SARAN

a.Gagasan  ini tentu masih jauh dari sempurna,karena kesempurnaan hanya milik Allah,saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar gagasan ini dapat lebih baik lagi

b.Gagasan ini hanya sebagai bentuk kepedulian saya sebagai pendidik melihat betapa banyaknya masalah yang muncul saat mendekati Ujian Nasional

c.Di butuhkan kesamaan persepsi untuk menerima yang baru apabila yang lama terlalu banyak. masalah.

d.Penerapan UNM memerlukan kebijakan pusat demi kebaikan mutu pendidikan negara

e.Gagasan  hanya untuk menambah  wacana solusi mengatasi masalah Ujian Nasional.

2.PENUTUP.

            .Semoga Sumbang saran yang sedikit ini dapat di ridhoi Allah ,dan bermanfaat untuk khasanah memperkaya materi untuk mencari solusi terbaik demi memajukan mutu pendidikan bangsa dan Negara yang kita cintai ini.

                       

                                                DAFTAR  PUSTAKA

Tulisan ini lebih banyak mengambil materi dari internet,dan sumber bahan telah di cantumkan langsung di bawah bahan yang di cuplik.

           

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Si Culun Yang Kasihan By: Dede Riyanto (xi rpl,januari 2014) Hari ini adalah hari pertama aku masuk SMP tepatnya di MTs N Margadana Tegal , awal yang baru untuk memulai membuka lembaran cerita baru bersama teman-temanku yang baru juga , Aku duduk di kursi paling belakang sendirian , kebetulan memang dapetnya kursi paling belakang , jadi mau enggak mau harus mau . Sejenak Aku coba memandang teman-teman baru aku , mereka pada sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya , sedangkan aku hanya diem dan sibuk memperhatikan teman-teman baruku , enggak lama kemudian salah seorang guru masuk ke kelas dan mengucapkan salam “Assalamua’alaikum … Baik semuanya , perkenalkan nama ibu , Dina , dan ibu wali kelas kalian , okey untuk ta’aruf ibu pengen kalian memperkenalkan diri ke ibu juga teman-teman baru kalian , silahkan dari yang paling depan berdiri dan perkenalkan nama kalian ,” Dari mulai depan ke samping , ke tengah hingga akhirnya ke terakhir (belakang pojok) , iyah .. kini giliranku untuk memperkenalkan diri , Huuuh (ambil nafas panjang) “Hmmp .. Hay semuanya , perkenalkan nama saya Dede Riyanto , biasa di panggil Dede , terima kasih .” (Duduk kembali) Setelah semuanya selesai memperkenalkan diri , ibu wali kelas langsung shere tentang sekolah kita yang baru juga pengalaman-pengalamannya yang sudah-sudah selama mengajar di sekolah , dan kebetulan wali kelas aku mengajar mapel matematika . (Jeng Jeng .. dalam hati langsung menggretak , astaghfirullah .. semoga saja wali kelas dengan mapelnya matematika enggak galak seperti raja hutan yang lagi mengamuk lepas) Hari pertama masuk di sekolah SMP selesai , dan hari pertama juga aku belum sempat kenalan dengan teman-teman baru aku di kelas , mungkin karena aku orangnya lebih suka diem jadi belum dapet teman baru . Nothink Keesokan harinya , tepatnya hari kedua masuk di sekolah baru , seperti biasa aku duduk di kursi paling belakang pojok , sebelum masuk ke kelas , aku rasa aku melihat cewek di depan kelas yang wajahnya cantik dan menawan , dan aku rasa dia teman sekelas aku , duduk dan sambil memikirkannya . Di tengah asyik sedang melamun , ada 2 anak cowok ngagetin aku , dan mereka duduk di meja dan satunya lagi duduk di kursi sebelah aku yang masih kosong “Hey Broooooo !!!!! Diem banget lo , enggak maen gitu , kan banyak teman baru , enggak baik loh diem terus , nanti malah nggak dapet teman .” “a , I iyah iyah , ” (bengong :o) Hening “Hey , loh kok malah diem lagi , enggak mau kenalan nih sama kita , Huh cupu lo , diem aja . Kenalin gue Tiar , dan yang duduk samping lo namanya Fahmi , kebetulan kita dulu SD satu sekolah dan kita juga masih sodaraan , jadi gue sama Fahmi masuk di sekolah ini bareng lagi ,” “Oh .. gitu ,” “Nama lo siapa ?” tanya fahmi “Oh iyah , nama aku Dede Riyanto , kalian bisa panggil Dede ” **Teng Nong … Bel masuk berbunyi , suasana kelas menjadi ramai , yang tadinya sebelum bel bangku masih ada yang kosong sekarang semuanya udah ada yang nempatin , kecuali bangku yang ada di samping tempat dudukku , Masih Kosong . Ibu wali kelaspun memasuki kelas , kemudian ibu wali kelas membagikan buku tata tertib sekolah dan tata tertib siswa , juga membagikan selembar kertas yang isinya siswa harus memilih extrakurikuler yang nantinya wajib di ikuti setiap siswa . Seketika aku sedang membaca buku tata tertib sekolah dan tata tertib siswa , tiba-tiba teman di depan aku menengok ke belakang , tepatnya melihat aku , dan dia bilang “Hay ..” ke aku , disitu aku langsung kaget dan nggak sengaja nyatuhin buku yang aku baca . “a .. sory-sory , kamu kaget yah , maaf yah , udah ngagetin kamu jadi nganggu kamu lagi baca sampe jatuh buku kamu ,” “Hmmp .. I iyah enggak papa , enggak papa .” “Oh iyah , kenalin nama aku Zidny ” (sambil mengulurkan tangannya ke aku) “(bengong) a .. Nama aku , nama aku Dede ,” “Oh Dede , namanya lucu yah , kayak anak kecil yang masih di gendong ,” :D “Nama kamu tadi siapa , aku lupa” “ZIDNY , Z .. I .. D .. N .. Y” “Iyah iyah aku tahu ,” “Iyah , biar enggak lupa kamu ,” “Oh enggak , enggak .. Namanya keren , lahir di Australia yah ?” “Ey !! sembarangan kamu , aku asli orang Indonesia lahir di Indonesia , bukan di Australia , kalo yang disana itu ZIDNEY beda sama nama aku ,” “Oh gitu … (bengong)” Hening Enggak nyangka banget ternyata benar , cewek yang tadi pagi aku lihat pas sebelum masuk kelas ternyata temen sekelas aku , dan yang lebih beruntungnya lagi , sekarang dia udah jadi teman aku , sepertinya awal yang baik untuk hari ke dua di sekolah yang baru . Hari-hari berikutnya udah mulai beda , aku merasa bersemangat sekali untuk berangkat ke sekolah , iyah mungkin karena setiap berangkat ke sekolah dan masuk ke kelas pasti udah ada dia , dan yang bener-bener membuat semnagatnya lagi , setiap jalan mau ke tempat duduk pasti dapat sapaan dan senyuman dari cewek yang duduk di depan bangku aku . 3 bulan sudah aku di sekolah baru , sekarang bagiku sekolah ini bukan sekolah baru lagi , aku udah mulai beradaptasi dengan lingkungan sekolah , dengan teman-teman satu kelas , juga dengan guru-guru yang mengajar di kelas . Dan 3 bulan sudah aku dengan Zidny sudah dekat dan saling mengenal satu sama lain . **Skip Bel istirahat berbunyi , biasanya aku selalu mengajak Zidny atau kadang Zidny yang mengajak aku untuk istirahat bersama , tapi hari ini enggak , kita lagi nggak istirahat bareng , Tiar dan Fahmi yang mengajak aku istirahat bareng . Sewaktu lagi istirahat bareng dengan Tiar dan Fahmi , ketika kita lagi jalan menuju ke kantin , ada segerombolan kakak kelas yang lagi tongkrongan di jalan yang mau ke kantin , kita lewat di depannya tiba-tiba aku yang terakhir mau jalan lewat malah di berhentiin sama kakak-kakak kelas . “Apa-apa’an ini , mau jadi anak sok rapi loh , baju di masukin di kancing segala lagi kerahnya , apah ini , kaos kakinya panjang banget ? mau ngaya loh di sekolah ini !!” “E e enng enggak kak enggak , maaf kak kalo aku salah” “Oh iyah jelas kamu salah , masih junior aja udah belagu loh , sok ngaya lagi !! enaknya di apain temen-temen ini anak ” “Kita kerjain aja gimana !!” ucap temannya kak senior “ A .. ja jangan kak jangan , aku minta maaf kak kalo aku punya salah , aku cuman pengen ke kantin doang kak , pengen makan kak , laper aku , tolong kak jangan ganggu aku ,” “ahh udah , ngeles aja loh , ayo ikut !!” Mampus deh aku , di bawa kakak kelas di belakang sekolah yang tempatnya enggak jauh dari kantin sekolah . dalam hati berkata , apes banget ah , mau di bawa kemana lagi aku ? mampus deh aku (pasrah)  Tuh kan bener kata hati aku , aku di kerjain abis-abisan sama kakak kelas sampe-sampe baju yang aku pake kancingnya nggak bener , udah gitu kotor lagi . Huuufft -_- **SKIP Keesokan harinya , tetep aku berangkad ke sekolah seperti biasa dengan ciri khasnya “Culun” berharap sih nggak di kerjain lagi sama kakak senior , tapi enggak tahu deh . Pas masuk ke kelas , seperti biasanya Zidny selalu menyapa aku duluan dan kali ini bukan sapaan saja yang aku dapet , tapi ada satu pertanyaan dari sapaan itu “Hay De .. , denger-denger kemaren kamu abis di kerjain yah sama kakak kelas , emangnya kenapa , kok bisa gitu ?” “Hmmp .. enggak papa kok biasa , udah lah enggak papa , lagian juga biasalah jail aja kakak kelas” “Oh .. gitu , iya udah” Hening **Teng Nong Bel masuk pun berbunyi , waktunya menuntut ilmu . Biasanya kalau jam istirahat itu sekitar pukul 09.15 , sekarang pukul 09.00 , 15 menit lagi jam istirahat , enggak tahu kenapa , tiba-tiba aja … “A .. Zidny , nanti pas istirahat , kita istirahat bareng yuuk , ke kantin makan gitu , kamu mau ?” “Ha’ serius kamu De , ngajakin aku istirahat bareng ,” “I iiyah , emangnya kenapa ? , salah gitu” “Enggak sih , enggak papa , tapi kamu telat ngajakin akunya , toh aku udah ada janji sama cowok” “Oh gitu , iya udah ..” (bengong :o) “Iyah , maaf yah De , lain waktu aja nggak papa kan ..” Hening , langsung aku sibukin bolak balik buku . (sok sibuk padahal nahan malu) Jam Istirahat berbunyi , niatnya sih pengen makan di kantin sama Zidny , berhubung Dia udah ada janji ya udah , agak males juga istirahat , tapi mau gimana lagi perut keroncongan alias cacing cacing udah demo minta makan , iya udah aku putusin buat ke kantin sendirian . Sesampainya di kantin , enggak di sangka , aku kira awalnya aku salah lihat , tapi pas di yakinin , ternyata bener , aku lihat Zidny lagi duduk bareng sekaligus makan bareng sama cowok yang menurut aku mukanya Kriminal abis , gila sangar banget muka cowoknya , Kaget , shock hampir mau pingsan segala ngeliad Zidny sama cowoknya (Haha enggak … ini Cuma becanda , biar sedikit dramatis aja :D) Kayaknya aku harus cari tahu , siapa cowok itu , pacarnya , atau jangan-jangan cuman securitynya , abis mukanya sangar , penuh criminal banget pokoknya . Pas aku Tanya ke temen sebangkunya , ternyata cowok yang lagi makan bareng pas istirahat tadi bener , Dia Pacarnya Zidny , Gilaa nggak habis fikir , bisa yah cewek secantik Zidny pacarnya bisa kaya orang Kriminal , Nggaaak nyangka !!! (nelen ludah , geleng geleng kepala) Haduuuh , sirna deh harapan aku , ternyata cewek yang suka nyapa aku ada securitynya alias punya cowok , jadi takut ndeketin Dia . Hari-hari berikutnya , aku jalanin seperti biasa tapi sedikit males kurang semangat gitu , mungkin karena cewek yang suka nyapa aku ternyata udah punya cowok , jadi mulai sekarang dan hari berikutnya aku resmi nggak begitu dekat dengan Zidny . (alias takut , barangkali securitynya ngamuk , aku deketin ceweknya :D)